09
Jul
09

Masjid Al Hikam II Diresmikan 17 Juli

Depok, Fatayatpo
Masjid Al Hikam II di Komplek Pondok Pesantren Al Hikam II pimpinan KH Hasyim Muzadi akan diresmikan pada Jum’at, 17 Juli 2009 nanti. Komplek pesantren ini beralamat di kelurahan Kukusan, kecamatan Beji, kabupaten Depok, di samping gedung Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI).

Peresmian masjid dirangkai dengan peresmian gedung poliklinik dan perpustakaan yang merupakan bagian dari bangunan masjid. Rais Aam PBNU KH Sahal Mahfudh dijadwalkan akan memberikan taushiyah dalam acara peresmian ini.

Acara lainnya adalah peletakan batu pertama pembangunan asrama pesantren mahasiswa Al Hikam II, perumahan guru dan dosen serta gedung Kulliyatul Qur’an yang terletak di depan kediaman KH Hasyim Muzadi.

Menurut KH Hasyim Muzadi, proses pembangunan pesantren dan masjid ini sudah berlangsung sejak 5 tahun yang lalu. Program ini merupakan kelanjutan dari Pondok Pesantren Al Hikam I yang berada di Malang Jawa Timur.

”Saya ingin menunjukkan bahwa pesantren itu ya seperti ini lho,” katanya di sela-sela kesibukan menjelang peresmian masjid, Senin (6/7) lalu. Ia juga mengajak NU Online melihat satu-persatu ruang dan fasilitas masjid dan pesantren yang sedang dipersiapkan dari aula, penginapan untuk para tamu khusus, hingga kamar mandi dan wudlu.

Pantauan NU Online, beberapa orang santri sedang menata beberapa kitab kuning di ruang perpustakaan. Sudah ada ada 6.700 judul kitab. Perpustakaan dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik untuk memudahkan santri dan para pengunjung mencari referensi yang dibutuhkan.

Pesantren Al Hikam 2 dua juga menyipkan ruang khusus untuk perpustakaan digital dan perpustakan yang menyediakan berbagai referensi pengetahuan umum.

Selain ruang perpustakaan, juga terdapat ruang khusus yang dipersiapkan untuk pengembangan teknologi informasi (IT). Di samping ruang yang menyediakan fasilitas internet terdapat ruang pengajian yang dilengkapi fasilitas telekonferensi.

”Jadi nanti kalau ngaji kita gak perlu pontang-panting ke mana-mana. Ya hemat biaya ya hemat tenaga. Saya ini kan termasuk generasi yang gaptek (gagap teknologi), tapi generasi anak-akak kita kan sudah berbeda,” kata Hasyim.

Ruang poliklinik terletak di lantai I, di samping ruang pengembangan IT. Berbagai perlengkapan dan tenaga medis sudah disipkan. ”Dokternya sudah ada dan alat-alatnya sudah ada, jadi sudah siap beroprasi,” katanya.

Ruang utama masjid di lantai dua sungguh mengagumkan. Berbagai perlengkapan dan aksesoris pintu, bedug, hingga mimbar kelihatan unik dan serba mahal. Dari ruang utama kubah masjid terlihat tinggi dan megah. ”Kalau untuk masjid kan harus bagus,” kata Hasyim bangga. (nam)


0 Tanggapan to “Masjid Al Hikam II Diresmikan 17 Juli”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar


Tulisan Teratas

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Kategori

Kategori

Juli 2009
M S S R K J S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kunjungan Ke :

  • 25.140

JAM